Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)

On Sabtu, 22 November 2014 5 komentar




Pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) adalah pembangkit yang mengandalkan energi kinetik dari uap untuk menghasilkan energi listrik. Bentuk utama dari pembangkit listrik jenis ini adalah Generator yang dihubungkan ke turbin yang digerakkan oleh tenaga kinetik dari uap panas/kering. Pembangkit listrik tenaga uap menggunakan berbagai macam bahan bakar terutama batu bara dan minyak bakar serta MFO untuk start up awal.

PLTU batubara, bahan bakar yang digunakan adalah batubara uap yang terdiri dari kelas sub bituminus dan bituminus. Lignit juga mulai mendapat tempat sebagai bahan bakar pada PLTU belakangan ini, seiring dengan perkembangan teknologi pembangkitan yang mampu mengakomodasi batubara berkualitas rendah.


Berikut Gambar dan Cara Kerja PLTU :

 gambar PLTU

Keterangan gambar :



1. Air diisikan ke boiler hingga mengisi penuh seluruh luas permukaan pemindah panas.  Didalam boiler air ini dipanaskan dengan gas panas hasil pembakaran bahan bakar dengan udara sehingga berubah menjadi uap.
2. Uap hasil produksi boiler dengan tekanan dan temperatur tertentu diarahkan untuk memutar turbin sehingga menghasilkan daya mekanik berupa putaran.
3. Generator yang dikopel langsung dengan turbin berputar menghasilkan energi listrik  sebagai hasil dari perputaran medan magnet dalam kumparan, sehingga ketika turbin berputar dihasilkan energi listrik dari terminal output generator.
4. Uap bekas keluar turbin masuk ke kondensor untuk didinginkan dengan air pendingin agar berubah kembali menjadi air yang disebut air kondensat. Air kondensat hasil kondensasi uap kemudian digunakan lagi sebagai air pengisi boiler.
5. Demikian siklus ini berlangsung terus menerus dan berulang-ulang.





http://godamaiku.blogspot.com/2013/04/pembangkit-listrik-tenaga-uap-pltu.html

5 komentar:

Unknown mengatakan...

terima kasih, sangat bermanfaat

Unknown mengatakan...

terima kaih atas penjelasannya sangat membantu kami dalam ujian kami

Aziznurr63 mengatakan...

Apa itu MFO ? Saya kurang jelas di bagian situ

LikaLikuHidup mengatakan...

Terima kasih banyaj

Tommy mengatakan...

Menjual berbagai macam jenis Chemical untuk cooling tower chiller dan waste water treatment, untuk info lebih lanjut tentang produk ini bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com terima kasih
WA:081310849918

Posting Komentar